blognya unggun

Seimbangkah Otak Kanan-Kirimu ?

Posted on: 27 Agustus 2008


Seperti kita ketahui bersama otak kita ini – otak manusia – oleh kebanyakan orang dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, secara ilmiah katanya, dan gue termasuk ke dalam kebanyakan orang itu. Konon katanya kenapa otak kita yang merupakan karunia Allah SWT ini kita bagi menjadi dua bagian adalah karena dua bagian otak tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Otak kanan biasa diidentikkan tentang kreatifitas, dan memang benar fungsi dari otak kanan ini adalah untuk mengurusi proses berpikir kreatif manusia, contohnya adalah kemampuan komunikasi (lingusitik). Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Contoh orang yang mengandalkan otak kanannya dibandingkan otak kirinya adalah seniman.

Sedangkan otak kiri biasa diidentikkan dengan kecerdasan analitik. Maksudnya otak kanan kita ini
terkait dengan kemampuan matematis dan kemampuan berpikir sistematis seseorang. Contohnya kemampuan menyelesaikan soal matematika. Cara kerja otak ini sangat rapi, terstruktur dan sistematis. Biasanya otak kiri ini sangat bermanfaat saat digunakan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran yang mendetail. Orang yang biasanya lebih mengandalkan otak kiri adalah seorang peneliti atau scientist.

Tapi hati-hati jangan terlalu memporsir kerja salah satu bagian otak saja. Karena mungkin akan menyebabkan kerja batian otak yang satunya tidak optimal. Gw suka menyebutnya artropi otak kanan atau artropi otak kiri. Yah, setidaknya hal itu yang pernah gue rasakan. FYI istilah artropi biasanya digunakan untuk pengecilan otot yang jarang dipakai.

Mau artropi otak kanan maupun artropi otak kiri pernah gue alamin. Dua kejadian itu gue alamin selama hidup gue. Gue coba ceritain yang artropi otak kanan dulu, soalnya itu yang paling lama. Sejak gue SD kayaknya gue udah mengidap penyakit ini. Orang yang artropi otak kanan biasanya disebabkan otak kirinya yang terlalu dominan. Ciri-cirinya adalah pertama dia pinter banget matematika atau pelajaran-pelajaran yang sifatnya sistematis. Kedua orangnya biasanya rada-rada nggak gaul dan biasanya emang agak takut untuk bergaul. Ketiga lebih cenderung menyukai hal-hal yang berbau teknis dan eksak ketimbang berpikir kreatif. Kalau loe mempunyai ciri-ciri tersebut hati-hati, loe udah terjangkit artropi otak kanan. Gue sendiri mengalami hal ini sejak SD sampai gue lulus SMA dan kuliah di Fasilkom UI semester ke-3.

Sejak semester ke-4 gue udah mulai gerah dengan menjadi orang yang nggak gaul. Sedikit demi sedikit gue mulai meningkatkan kekuatan otak kanan gue. Tapi lagi-lagi gue nggak hati-hati karena gue terlalu asik dengan meningkatkan kemampuan otak kanan gue, gue melupakan si otak kanan, hal ini ditandai dengan semakin turunnya IP gw di kampus yang tadinya 3.46, nyaris cum laude kan, sekarang sisa tinggal 3.25, parah banget kan. Ciri-ciri lain orang yang terkena artropi otak kiri adalah biasanya orangnya males berpikir hal-hal yang mendetail dan cenderung suka yang garis-garis besar saja. Satu lagi ciri-ciri lain adalah biasanya orang yang terkena artropi otak kiri lebih cenderung suka tidur (banyak tidur).

Gue sekarang berada di akhir semester 6, dan gue baru sadar kalau untuk sukses gue harus menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri agar tidak timpang salah satu.

Sumber artikel dari sini

9 Tanggapan to "Seimbangkah Otak Kanan-Kirimu ?"

Hahaha,,, bagus-bagus,, Kalo masih berat salah satu, dikasih beras 5 kilo aja biar seimbang,,😀
Kapan nih kawinnya ?🙂

otak saya miring hahahahah😀

Ngapain kamu urusi otak orang…Urusi dulu hal perjanjian jin dan aladinx whakakakaka

hhmm😦 iya deh aladin ohm jin msh ingat koq 3 permintaannya..pasti ta penuhi semuanya jangan atut ya..jadi penasaran minta apa aja nih..minta kapal ndiri ya🙂

Selamat bersoewa Toean Goendala..
saja djoega baroe taoe dari ini blog djakalaoe kerdja orak jang kiri dan kanan haroeslah imbang atawa balans. Dus saja djoega tidak faham benar apakah otak saja seimbang dia poenja kerdja ataoe tida’
salam 🙂

adoeh2x wahai kisanak..dirickoe joegca tidcak tahoe apakcah otcak jcang koepoenja imbang atcoe tidcak..salam kenal balik kank🙂

wah otak aku udah gak berfungsi dengan normal nich om.

sabar dik biar otak ga normal yang penting masih tetap inetan dah cukup koq🙂

prinsip equality ya……….kuliah di apa sih Om….? IPnya bagus2

Law kebaxakan berfikir n dpan komputer ap pngaruhx untk otak bro?🙂

hhmmm apa yak..mgkin lebih banyak pngaruh positif drpd pngaruh negatipnya bro..hhmmm🙂

yups…bener banget..cz gw jg autropi kanan pas SD ampe SMP.rasanya hepi si cz nilai bgs2 bnr alias jenius bgt.tp g lama dr itu gue rasa minder jg sih ma temen2 yg gaul gt…yg ad gue dsb g nyambung n kutu buku!!!

sial…

ga lama gue coba gaya hidup kacau2an alias autropi kiri….suka tidur jd males2an….akhirnya gue jd lbh gaul deh…TAPIE….
gue g jd jenius kyk dlu….cedi…..bahkan anjlok…memalukan…

sekarang ud kul smtr 1, harus mulai autropi kanan lebih….

klo seimbang y….sulit jg y…ehheheh

ah ketaun nyontek….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mukadimah

Selamat Datang di blognya unggun. Jangan sungkan dan malu | silahkan dibaca, didunlud dan dicopas artikelnya | jangan lupa tuliskan gundala69.wordpress.com sebagai sumber artikel | tinggalkan jejakmu diruang komen biar aku tahu kedatanganmu | jika ada yang kurang berkenan silahkan add YMku tuk curhatnya. trims..UN69UN

YMku : gun.dala69

lEmbar ArsipKu

RSS sains nEws

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

pEringkat atas

tweet’Ku !!!

pEnyusup :

  • 376,924 ter'identifikasi

pEnutup

Terima kasih atas kunjungannyanya..bila ada waktu jangan lupa tuk nyasar kesini lagi ya..bye..bye

komuni-tasKu

%d blogger menyukai ini: