blognya unggun

KATRO’versi Rekaman Kotak Hitam

Posted on: 6 Agustus 2008


Sejak beberapa hari ini semua media massa baik cetak, eletronik dan online memberitakan tentang rekaman suara kotak hitam adam air. Dan kontroversi tentang kebenaran hasil rekaman itupun mencuat.

Bahkan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal pun meragukan otentisitas rekaman tersebut dan telah memerintahkan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi untuk melacak sumber rekaman dan orang yang mengedarkannya.

Wakil Ketua KNKT Frans Wenas juga mengatakan bahwa rekaman percakapan di Adam Air tersebut ada kemiripan dengan yang aslinya. Apakah itu asli atau tidak, Frans mengatakan dirinya tidak mempunyai kepentingan. KNKT pun hingga saat ini belum mau memberikan sikapnya. “Ada kemiripan, tapi itu belum tentu otentik. Bisa jadi itu berasal dari sumber-sumber yang tidak bisa dipercaya,” kata Frans saat dihubungi melalui telepon.

Mengenai rekomendasi KNKT yang telah dirilis Maret lalu, Frans mengatakan hal itu telah final. “Untuk kasus AdamAir kan sudah selesai, KNKT sudah melakukan investigasi, memprosesnya, lalu kesimpulannya dan rekomendasi. Jadi itu yang dipakai sekarang. Tidak perlu dikaitkan dengan rekaman yang beredar itulah,” tandasnya.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Dephub Bambang Supriyadi Ervan menyatakan, menyebarkan dan mendengarkan rekaman tersebut tanpa didampingi tenaga ahli dapat menyesatkan publik sebab tidak ada ahli yang dapat menyusun model skenario kecelakaan hanya berdasar rekaman penbicaraan pilot semata.

Harus ada bukti lain dan ada diskusi di antara para ahli secara multidisiplin iptek. Misalnya, setidaknya ada analisa hanya dapat dilakukan jika ada pasangan rekaman blackbox kedua, yaitu rekaman tentang tingkah laku pesawat terbang pada 30 menit terakhir. Laporan lengkap tentang sebab-sebab kecelakaan ada di website KNKT.

“Saya minta dengan segala hormat agar rekaman tersebut tidak disebarluaskan, sekali lagi karena tanpa bukti lain yang telah berhasil dikumpulkan pakar-pakar teknologi penerbangan di KNKT dan menganalisa rekaman tidak orisinil tanpa bukti yang lain dapat menyesatkan,” kata Bambang mengutip Menhub.

Menhub juga meminta agar segenap masyarakat menghormati kredibilitas KNKT, laporan lengkap yang komprehensif dan baik dapat dibaca di website Dephub, di bagian KNKT.

Yang akhirnya sayapun sepakat dengan seruan beliau-beliau diatas yang berusaha membendung publikasi rekaman, demi menjaga malu yang lagi2 terexpose kredibilitas negara ini dimata Internasional. Marilah kita hentikan penyebarluasan rekaman kotak hitam ini *walaupun dari pengamatan saya rekaman tersebut telah sekian ribu kali terdownload😦 *

Tapi pada dasarnya sudah ada komitmen pemerintah untuk membenahi kinerjanya terhadap hal-hal yang berbau top secret bagi negara ini. Aku coba membayangkan betapa bahayanya kalau yang bocor itu rahasia negara yang sifatnya sangat sangat terlalu rahasia mungkin akhirnya pulau-pulau kita bakal tercaplok lagi  atau mungkin juga sejumlah aset negara ini bakal tergadai lagi.

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian dan menata kembali sistem serta kinerja kita kearah yang lebih baik, bahkan keledai pun tidak akan terperosok dilubang yang sama. Kalau terulang lagi dan heboh lagi maka judul diatas sudah cukup terwakili..KATROVERSI

Artikel terkait : Rekaman Kotak Hitam Adam Air

3 Tanggapan to "KATRO’versi Rekaman Kotak Hitam"

bagus yang penting knkt goblok ya beginilah indonesia……….

aku juga nulismasalah tersebut Mas…
salam kenal…..

ada berita bagus besok di tribun kaltim tt blog di balikpapan. Blogger RSPB pada diinterview

setuju Bro…meskipun asli itu tak layak disebarkan ke publik, ya sifatnya kan rahasia, jangan2 yang menyebarkan itu juga mempunyai kepentingan pribadi yang tidak sedikit misalnya demi meraih popularitas meskipun dengan melukai perasaan keluarga korban yang melihat rekaman tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mukadimah

Selamat Datang di blognya unggun. Jangan sungkan dan malu | silahkan dibaca, didunlud dan dicopas artikelnya | jangan lupa tuliskan gundala69.wordpress.com sebagai sumber artikel | tinggalkan jejakmu diruang komen biar aku tahu kedatanganmu | jika ada yang kurang berkenan silahkan add YMku tuk curhatnya. trims..UN69UN

YMku : gun.dala69

lEmbar ArsipKu

RSS sains nEws

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

pEringkat atas

tweet’Ku !!!

pEnyusup :

  • 376,924 ter'identifikasi

pEnutup

Terima kasih atas kunjungannyanya..bila ada waktu jangan lupa tuk nyasar kesini lagi ya..bye..bye

komuni-tasKu

%d blogger menyukai ini: