blognya unggun

Rekaman Kotak Hitam Adam Air

Posted on: 2 Agustus 2008


Waktu mendengar rekaman suara ini membuat saya merinding, membayangkan apa yang terjadi diruang cockpit dan seluruh awak serta penumpang yang ada didalamnya.memang seharusnya rekaman suara ini tidak boleh tersebar diranah publik karena akan menimbulkan ketakutan dan paranoid bagi masyarakat luas tapi publik juga punya hak untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada saat  itu.

Semoga arwah para awak dan penumpang pesawat tersebut diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Mohon maaf apabila ada pihak-pihak yang keberatan dengan posting ini, satu tujuan saya…kita semua berhak tahu apa yang terjadi disana..apakah human error ataukah sistem navigasi/instrument pesawat yang tidak berfungsi.

Berikut repost saya :

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelesaikan investigasi kecelakaan pesawat Boeing 737-400 PK-KI 574 milik AdamAir yang hilang di perairan Majene Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam.

Hasil investigasi tersebut masih berupa laporan sementara yang akan disempurnakan setelah mengumpulkan analisis dari tujuh instansi terkait kecelakaan ini.

Juru Bicara KNKT JA Barata mengatakan, laporan tersebut sudah diteken Ketua KNKT Tatang Kurniadi pada 17 Desember 2007 dan dibagikan kepada tujuh instansi terkait tadi, 19 Desember 2007.

Ketujuh instansi tersebut adalah National Transportation Safety Board (KNKT dari Amerika Serikat) yang akan menyampaikan kepada Boeing sebagai produsen pesawat tersebut dan Federal Aviation Administration (FAA).

Lalu, Australia Transportation Safety Beaureau (ATSB), Aviation Accident Investigation Board (AAIB), Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, AdamAir, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Kita akan tunggu analisis mereka selama 60 hari jadi sekitar Februari kita terima respons mereka,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Departemen Perhubungan, di Jakarta, Rabu (2/1/2007).

Selanjutnya respons tersebut akan kembali dianalisis oleh KNKT selama sepuluh hari sebelum menyusun laporan akhir hasil investigasi.

Barata memperkirakan, laporan akhir tersebut dipublikasikan paling lambat awal Maret 2008.

Menurutnya, investigasi kali ini lebih rumit dibandingkan kecelakaan lainnya karena KNKT hanya bisa mengandalkan data dari kotak hitam yang terdiri atas flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR) yang diangkat pertengahan Agustus 2007 lalu. Kecelakaan AdamAir menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawatnya. Pesawat ketika itu mengangkut 96 penumpang dan enam awak pesawat.

Originally Posted by Black Angel View Post
ijinkan saya rekap pembicaraannya

(WARNING sound) : PULL…

Voice on DHI 574 cockpit : ini —-

ATC : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .

TGN 161 : say again sir?

ATC : trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?

TGN 161 : affirmative, we are make holding

ATC : roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)

Voice on DHI 574 cockpit : aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)

TGN 161 : —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit : loh, ini DMEnya nih yah…

iya makanya juga ngaconya disitu

nah, ini mike kilo sierra

yah…

ATC : adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?

DHI 574 : affirm

mach 74 maintaining 070…

Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074

anginnya dah mulai normal lagi

iyah….

ATC : Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)

selamat tahun baru mas….

DHI 574 : Gatu

ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….

Voice on DHI 574 cockpit : —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini

iyah…

ngaco dia tuh brarti

dah ngaco dah emang …dah ngaco

udah mulai gambar bambu ini

udah, kita percaya ama ini aja deh…

hehehe… iyalah….

—- cewe-cewe

makanya, terlalu jauh banget

—-

___noise___

salah lagi ini dia….

—-

iya nih

coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

(on the background, FO calling ATC)

ATC : go ahead

—- : —- —-

DHI 574 : roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra

Voice on DHI 574 cockpit : ok….. that’s confirm… that’s confirm

affirm

iya khan.. ngaco

ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…

FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…

oi terbangnya melanglang buana eh….

TGN 161 : trigana 161, maintain visibility now

ATC : standby one

Voice on DHI 574 cockpit : ini aja kep yah

coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude

yes

yah ini aja

TGN 161 : Trigana 161 request visibility now?

ATC : standby one

TGN 161 : standby

Voice on DHI 574 cockpit : masuk ke….

fail aja

fail?

yah, vault aja nih

—-

ntar attitude (or) altitude aja nih

ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)

attitude (or) altitude? nggak..

yang laen…

ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

Voice on DHI 574 cockpit : (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)

TGN 161 : copied, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit : —- SELCAL dan altitude

masukin ini

heading brapa nih kep? (FO asking)

zero… zero seven nine yah (captain)

iya

masukin ini keatas

TGN 161 : trigana 161, request ILS.. visual at runway 13

ATC : trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13

Voice on DHI 574 cockpit : ini kep?

taro NAV lagi….

TGN 161 : trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

(in the background, warning sound ….—-….)

ATC : affirm

Voice on DHI 574 cockpit : taro NAV lagi, taro NAV lagi….

TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit : yes?

taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)

taro NAV lagi

NAV!…… ok kep?

JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–

captain, captain, captain…

(WARNING sign…. ticking….)

aduh kep, kep, kep….

ya, ya…

Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..

DHI 574 : Mayday…..

Voice on DHI 574 cockpit : argh…

Allahuakbar….

DHI 574 : MAYDAY… MAYDAY…!!

Voice on DHI 574 cockpit : Allahuakbar….

allahuakbar….

(…sounds like windshield kracking…)

argh…

allahuakbar….

NB :

– DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)

– Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang

– ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).

– DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.

– DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).

– FO = First Officer…. Copilot.

– FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

– Rekaman ini Asli…. Gak usah nanya2 keasliannya…. Yang perlu dipertanyakan, Siapa yang mulai sebarin rekaman ini ?

– Rekaman ini saya coba translate dengan semaksimal mungkin, dengan meminimalisir suara-suara yang tidak jelas (daripada menimbulkan keraguan / salah persepsi dalam penerjemahan).

klo ada yang mau melengkapi, silahkan…..

Sumber tulisan dan rekaman suara pilot dan co-pilot (mohon maaf..demi rasa kemanusiaan dan simpati kita semua kepada keluarga korban maka kedua link ini saya tutup)

Artikel terkait : KATRO’versi Rekaman Kotak Hitam

53 Tanggapan to "Rekaman Kotak Hitam Adam Air"

Serem buanget..

Masya Allah semoga mereka yang berkompeten dan bertanggung jawab atas peristiwa ini diampuni oleh Allah SWT

Kesimpulannya bagaimana?
Ada alat yang rusak ya?
Terus dicoba diperbaiki malah tambah parah?

Mas, rekaman tersebut shahih apa tidak yaa….
Kalau benar, alangkah seremnya!

glek…….jadi takut naik pesawat nih…..

Ane mo donk rekamannya, di rapidshare susah bgt ngambilnya. Moga2 smua awak pesawat diterima disisi allah SWT.

meski pUn dRagukan kebeneranna,,,

ttp za Bwt sya mrinding…

tRingat akan ajal..

saat qt mLihat ddpn mata akan ancaman pd nYawa qt ndri

dan cm 1 nama ” aLlah”

Dua hari ini wacana rekaman Adam Air marak ya di dunia Blog….
Semoga kejadian seperti kecelakaan Adam Air itu tidak terulang kembali…

emang di indonesia selalu penuh kontroversi y…
yang nyebarin tolong bertanggung jawab donk…
kasihan para keluarga korban…
luka lama mereka terbuka lagi….

[…] Rekaman Kotak Hitam Adam Air Waktu mendengar rekaman suara ini membuat saya merinding, membayangkan apa yang terjadi diruang cockpit dan seluruh […] […]

cobalah untuk mengerti perasaan keluarga korban pesawat Adam Air,punya nggak sih hati nurani orang2 yang tidak bertanggung jawab yang mempublikasikan rekaman tsb???Bagaimana seandainya itu terjadi pada diri Anda!!!

Q mlh ga jlas tu rekaman.Kyknya ga ada serem2nya dech.

g perlu banyak basa basi…
seeeeeeeeereeeem.
semua ada di tanganNya

Emang kadang harus dijelasin kok….kadang kenyataan yang mengerikan harus diketahui daripada ngak tau apa yang terjadi.
tapi yang pasti keadaan dalam pesawat apalagi diruang kendali seerem bangetz yach…..semoga semua peumpang dan awak pesawat dapati kedamaian di surga…..

kayaknya rekamannya asli……..kok bisa ampe bocor rekaman sangat rahasia begini yach?

Semoga arwah para pilot dan penumpang diterima di sisi Allah swt….amien..!

“Sesungguhnya setiap yang bernyawa itu akan mati”

sebenarnya ga perlu mempermasalahkan knp kotakhitam yang rahasia bs bocor, justru ini bs diambil pelajaran bg pemerintah untuk memperbaiki sistem penerbangan di indonesia.

pemerintah hrs bertanggung jawab terhadap musibah ini…..

saya mau denger donk, rekamannya
cara buka-nya gimana sih
kasih tau donk

MY Visual AESSEN menyatakan bahwa rekaman kotak hitam yang dikontroversikan ini merupakan rekaman asli tanpa rekayasa.

Tested: 03 August 2008
No. 22DI-Audio94

KLO REKAMAN KOTAK PUTIHNYA
GIMANA SIH ADA GAK YA 11111111

Saya liat tayangan di televisi tentang rekaman kotak hitam itu sungguh sangat mengerikan bulu kudukku merinding ketika kudengar kalimat takbir disaat pesawat akan jatuh. ALLAHU AKBAR

Yang penting bukan soal asli atau tidaknya atau siaya yang menyebarkan… itu seperti pengalihan persoalan dari persoalan sebenarnya yang lebih kursial :

SEJAUH MANA PIHAK OPERATOR PENERBANGAN BERTANGGUNG JAWAB DAN KONSERN ATAS KESELAMATAN PENERBANGAN ?????, SEJAUH MANA PIHAK BERWENANG MENGAWASI OPERATOR PENERBANGAN ???? SEJAUH MANA MASYARAKAT DILIBATKAN DALAM PENGAWASAN ?????

Mari kita buat agar luka keluarga korban menjadai berarti, dan kematian banyak porang membawa perbuhan yang lebih baik

Kalau aku lihat dari komunikasi yang tetulis awak pesawat kurang profesional…dan keputusan yang diambil captain terlihat coba-coba dan tidak yakin , tanpa perhitungan yang didasari keilmuan yang mantap.
Semoga Pilot-pilot kita semakin profesional atau perlu re-sertifikasi.
Kerusakan alat dipenerbangan sungguh mengerikan bagi kita yg sering travelling via udara…
wajarlah jika EU melarang maskapai kita terbang ke sono lha…profesionalisme -nya kayak gini….

hehee…😀
kalo pun itu memang benar, sungguh memang bangsa ini perlu instropeksi terhadap kinerja penerbangannya ?

iya mas aku juga dah dengart tuhh serem sekali….🙂 🙂

makanya kita semua harus banyak beribadah kepadanya kalau ajal tidak ada seorang pun yang tau

wew keren…….

rekaman yang tragis untuk sebuah kecelakaan tragis 😦

Rekamannya urang begitu clear suaranya…
Temen-temen,aku udah denger rekamannya di YouTube tapi mau download untuk simpan filenya ga bisa….ada yang bisa kasih tau caranya???

no comment..very horrible

Buka Youtube-nya pake IE boss, tunggu sampe selsai streamingnya, trus ntar di temporary internetnya tinggal comot deh, biasanya pake nama file “get_video*” & ukurannya MB-an, trus di copy ke folder lain dan di tambahin extensi “flv” deh. trus diputer deh ! Begono!

serem banget gue jadi takut naik pesawat tapi kalau naas yah mau bilang apa mungkin itu teguran dari allah SWT agar kita bertobat

gw bisa akuin kebenarannya. gw krja di salah satu penerbangan di indonesia dan sll berkomunikasi dengan pilot maupun copilnya. bahasa nya pun pake bahasa penerbangan. ini rekaman asli. smoga ini bisa menyadarkan pemerintah untuk lebih care pada ke safety an penerbangan.

Allahu akbar….maut datang bisa kapan sj..? buat pemerintah dan maskapai penerbangan..tolong dong lebih profesional dan diperketat setifikasi pilot..1 jangan karena ambil keuntungan, keselamatn nyawa diabaikan!!
naik pesawat bo’,…bukan naek BIS !! semoga arwah para korban diterima di sisiNYA amin ya robbal alamin.

mnrt aq lbh baik terbuka kyk gni, spy masyarakt jg bisa ikut menilai gmana bobrok ny pemerintah ind ini, menutupi untuk menjaga nama baik mereka doank, trus smw fakta d hilangkan supaya gx dinilai jelek n beresiko sm jbtan atw ap ny lah itu….
menurut aq, keluarga korban jg pengen tw ap yg sebenarnya terjd pd saat itu!!!! allahu akbar…………..allahu akbar………….allahu akbar….

ini krn ktidak beresan dalam sistem mekaniknya bukan karena kesalahan pilot dan copilot, klubegini siapa yang salah…………..???????????

…..indonesia harus berduka…..

komentar gue sih : ini tamparan untuk DEPHUB dan konco-konconya..karena merekalah yang paling bertanggung jawab atas perijinan dll.
Tanpa mengurangi rasa hormat kepada alm.Pilot & Co-Pilot..mengapa waktu mereka “fill-in” FMS, tanpa sadar mereka mematikan Autipilot..sehingga terdengar suara warning 4 x, kemudian awak pesawat “tidak sadar” kalau posisi sudah manual, seharusnya awak pesawat segera ambil alih kemudi..eh..malah sibuk ngurus FMS..akhirnya alarm lagi..”banking..banking..sampai 4x artinya kemiringan pesawat tidak normal..ada bunyi tek..tek..tek..artinya kemudi sudah bergetar keras..pesawat sudah tidak dapat dikendalikan…”nasi sudah jadi bubur”…

Udalah jangan pada ributin yang lain2,,,gw turut berduka kepada se’luruh keluarga alm.pilot+copil n para penumpang..semoga “ALLAH menerima mereka dan di ampunin dosa2nya, gw yakin bgt “pilot+copil nya” udah berusaha menylmatkan semuannya.
tapi 1 yang harus diributin yaitu:

PEMERINTAH INDONESIA DAN PIHAK ADAM AIR

PEMERINTAH : perijinan apapun di indonesia asalkan masuk DOIT ke saku pribadi bisa jalan dan mengesampingkan efek nya mau orang sampe mati ke’ kena efeknya mrk g perduli ANJING g tu…..sedih gw di lhrin disini??

ADAM AIR : maskapai abal2, ga profesional, RAKUS,
Semua ini ujung- ujungnya duit, cuma gara2 ingin meraup untung selangit bela-belain turunin harga ticket, akhirnya pesawat rusak g bisa betulin luh, lalu maksain landing, g mikirin keslmatan penumpang yang udah kasih makan adam air, huh……

Ya 2 birokrasi ini yang harus di SALAH kan………
jalan satu-satunya ROMBAK lagi pemerintah RI sama yang MUDA,
yang tua mending jikir dirumah…..dng kata lain OTAK kalian udah g mampu lagi mikir,,

ALLAHUAKBAR…….ALLAHUAKBAR…….

Assalamu’alaikum Wr. Wb

saya juga membahas tentang adam air di blog saya dan juga menyediakan download MP3 nya serta Video dari Youtube, tapi ada yang bilang rekaman ini diindikasikan palsu, makanya link pada blog saya downloadnya saya hilangkan, lagipula video pada youtube juga telah dihapus.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

oh miris ndengerin rekaman itu, ya sudahlah sekali lagi semoga mereka semua diterima di sisi allah swt. dan diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya, amien…..bagaimanapun itu sudah digariskan oleh allah swt…..dan mari jadikan semua ini pelajaran agar penerbangan di indonesia lebih berhati – hati lagi……jadi ingat film final destination

Hanya satu kata smoga Alloh mengampuni segala dosa yang telah mereka perbuat selama hidup di dunia amin……3x Ya Robban ‘Alamin

semoga ini jd pelajaran bagi maskapai2 penerbangan lainnya. dimana kualitas pesawat harus di perhatikan. karena setiap penumpang mempunyai hak untuk mendapatkan keselamatan. untuk keluarga korban khususnya keluarga PILOT semoga adanya rekaman ini tidak membuat keluarga tertekan, malah dgn adanya rekaman ini dapat membuktikan apa yang sebenarnya yg telah terjadi. merinding yah… mendengarnya serasa kita ada di dalam pesawatnya… menurut saya ini memang benar rekaman asli dr kotak hitam.

kalau rekaman ini palsu dan dari pihak KNKT adalah orang pertama dari indonesia yang mendengar rekaman asli dari black box adam air di amerika, coba tunjuk kan yang asli nya kepada masyarakat indonesia agar ini tidak menjadi teka teki lagi,kasihan pihak keluarga korban,kalau menurut saya rekaman ini jelas asli tapi kenapa baru di sebarkan rekaman tsb???
saya turut berduka cita atas kejadian ini.semoga keluarga yang ditinggalkan di beri keteabahan dari tuhan.
amiiin

semua itu nasib dan takdir yang sudah di gariskan oleh tuhan,jadi mau gimana lagi?kita harus menrimanya.

serem dengernya,turut bela .semoga tabah kelurga yang ditinggalkan

us serem juga ya … btw, salam kenal ya

takuuuuuuuuttttttttttttttttttttttttttttttttttttt……..

gw hrap ni jadi pelajaran bagi para koruppp??

ingat neraka itu ada???

Masa seeeeeeeh! Bo’ong Dosa LO…………!!! Eh gw mw nanya emang loe dapet bocooran D4reeee manaaa?

PalsU Lu!??

Ihhh… Ngerii Maaf_in GW Yooo…! Gw BUkan Maksud NgEledeK,,

Boleh donk minta rekamannya gan…pengen denger lagi rekaman black box nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mukadimah

Selamat Datang di blognya unggun. Jangan sungkan dan malu | silahkan dibaca, didunlud dan dicopas artikelnya | jangan lupa tuliskan gundala69.wordpress.com sebagai sumber artikel | tinggalkan jejakmu diruang komen biar aku tahu kedatanganmu | jika ada yang kurang berkenan silahkan add YMku tuk curhatnya. trims..UN69UN

YMku : gun.dala69

lEmbar ArsipKu

RSS sains nEws

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

pEringkat atas

tweet’Ku !!!

pEnyusup :

  • 376,924 ter'identifikasi

pEnutup

Terima kasih atas kunjungannyanya..bila ada waktu jangan lupa tuk nyasar kesini lagi ya..bye..bye

komuni-tasKu

%d blogger menyukai ini: