blognya unggun

Berebut Perang, Mengakrabi Lautan

Posted on: 15 Maret 2008


Jakarta – Di antara gugus kepulauan Sulawesi Tenggara, terdapat suku bangsa bernama Tukang Besi. Mereka hidup di kepulauan Tukang Besi yang sekarang berganti nama menjadi Wakatobi. Orang-orang Tukang Besi ini dikenal ada dua macam. Tukang Besi utara dan selatan. Total penduduk kedua suku tersebut kini mencapai kisaran 250.000 orang, tersebar di empat pulau besar Wakatobi.
Konon, untuk memiliki Pulau Tukang Besi seorang raja dari Sulawesi Tenggara mengadu ketangkasan mencari ”parang panjang” dengan seorang raja dari Sulawesi Tengah. Benda itu ditanam di tengah pulau, yang dipercaya sekarang disebut sebagai salah satu bagian kepulauan Tukang Besi.
Dalam adu ketangkasan itu, si raja dari tenggara menang dan pulau ini menjadi miliknya. Mata pencarian suku Tukang Besi adalah bertani. Makanan pokok mereka adalah ubi-ubian, yang biasanya dibakar dan dimakan bersama dengan ikan.
Suku Tukang Besi Selatan juga termasuk rumpun suku Buton. Mereka tinggal di Pulau Tukang Besi. Ketergantungan hidup mereka terletak pada hasil laut yang menjadi santapan sehari-hari. Tua-muda orang Buton mengenal dunia laut. Anak-anak sejak kecil sudah diajar keterampilan mengarungi lautan. Tidak ketinggalan para ibu rumah tangga sekalipun, dikenal sebagai pelaut ulung yang terlihat akrab dengan laut di sekitar mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mukadimah

Selamat Datang di blognya unggun. Jangan sungkan dan malu | silahkan dibaca, didunlud dan dicopas artikelnya | jangan lupa tuliskan gundala69.wordpress.com sebagai sumber artikel | tinggalkan jejakmu diruang komen biar aku tahu kedatanganmu | jika ada yang kurang berkenan silahkan add YMku tuk curhatnya. trims..UN69UN

YMku : gun.dala69

lEmbar ArsipKu

RSS sains nEws

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

pEringkat atas

tweet’Ku !!!

pEnyusup :

  • 376,924 ter'identifikasi

pEnutup

Terima kasih atas kunjungannyanya..bila ada waktu jangan lupa tuk nyasar kesini lagi ya..bye..bye

komuni-tasKu

%d blogger menyukai ini: